800 Tahun Andalusia di bawah Sistem Islam

Pintu-Ledeng-TV-800-Tahun-Andalusia-di-bawah-Sistem-Islam-800x510

800 Tahun Andalusia di bawah Sistem Islam

Pintuledeng.com – 800 Tahun lamanya Andalusia menjadi pusat peradaban dunia. Tepatnya 92H/711M hingga tahun 797H/1492M atau lebih tepatnya lagi 805 tahun lamanya ( jika berdasarkan tahun hijriah ). Tentu saja 800 tahun bukan waktu yang sebentar jika kita hendak melihat peran penting negara dalam mengayomi warga negaranya hingga memiliki pola fikir di atas manusia rata-rata pada umumnya pada waktu itu. Saking hebatnya, banyak dari para cendikiawan Eropa yang hijrah ke Andalusia demi mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk masa depan anak dan cucu mereka.

Tidak itu saja, yang perlu kita ketahui bahwa di sana terdapat peristiwa penting yang wajib untuk kita ketahui ceritanya. Ya, peristiwa penting itu hampir-hampir mirip dengan dengan peristiwa perang Yarmuk atau perang Qadisiyah yang terjadi sebelum peristiwa ini. Peristiwa penting itu yang wajib kita ketahui adalah peristiwa yang terjadi di Lembah Barbate ( Wadi Lakka ). Peristiwa penting apakah itu ??? Kita juga tidak bisa melupakan peristiwa “Pembakaran Perahu” yang terjadi di bawah kepemimpinan Thariq Bin Ziyad. Mitos atau Fakta ???

Ada satu sosok yang tak kalah pentingnya sehingga mesti kita kenal juga, yaitu Abdurrahman Ad Dakhil. Siapa beliau itu? sampai-sampai sosok ini sering dibicarakan oleh para ahli sejarah dengan mengatakan, “Seandainya tidak ada Abdurrahman Ad Dakhil, pasti Islam telah habis tuntas dari negeri Andalusia!”. Saudaraku, begitu indah mengenang Islam menjadi pemimpin Dunia, bahkan janji Allah di akhir zaman ini begitu indah untuk terus diperjuangkan hingga terealisasinya janji tersebut sebagaimana telah terealisasinya janji Allah terhadap Konstantinopel.

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web