Abu Bakar Ash Shiddiq, Orang Terbaik Setelah Rasulullah SAW

Pintu Ledeng TV - Abu Bakar Ash Shiddiq, Orang Terbaik Setelah Rasulullah SAW

Abu Bakar Ash Shiddiq, Orang Terbaik Setelah Rasulullah SAW

Pintuledeng.com – Banyak alasan untuk menjadikan Abu Bakar sebagai orang terbaik setelah Rasulullah saw. Mengapa tidak ?

Ada kehidupan yang unik dalam kehidupan Abu Bakar Ash Shiddiq sebelum beliau memeluk Islam. Ternyata kehidupan beliau mirip dengan kehidupan Rasulullah saw sebelum diangkat menjadi Rasul. Diantaranya adalah :

1. Abu Bakar Ash Shiddiq termasuk orang-orang yang menjaga kesucian diri sampai-sampai ia mengharamkan minuman keras atas dirinya sendiri sebelum ia memeluk Islam. Tatkala ada yang bertanya kepada beliau mengapa ia tidak meminum minuman keras, lalu Abu Bakar Ash Shiddiq menjawab, ” A’udzubillah!” Lalu dikatakan kepadanya, “kenapa?” Lalu ia berkata, “Aku memelihara kehormatanku dan menjaga martabat dan muru’ahku. Karena orang yang minum khamar, maka ia adalah orang yang menyia-nyiakan dan mengabaikan kehormatan, martabat dan muru’ahnya.”

2. Di zaman jahiliyah, Abu Bakar Ash Shiddiq tidak pernah sama sekali sujud kepada berhala. Tatkala sedang berkumpul bersama sahabat, Abu bakar berkata, “Aku sama sekali tidak pernah sujud kepada berhala. Ceritanya adalah, ketika aku mulai menginjak akil balik, ayahku Abu Quhafah mengajakku ke sebuah bilik yang di dalamnya terdapat berhala, lalu ia berkata kepadaku, “Ini adalah tuhan-tuhan kamu yang luhur dan mulia.” lalu ia pun beranjak pergi dan meninggalkanku di sana sendiri. Lalu aku pun mendekati berhala itu dan berkata, ” Aku lapar, tolong beri aku aku makan,” namun berhala itu tidak menjawab. Lalu aku kembali berkata, “Aku butuh pakaian, tolong beri aku pakaian,” namun lagi-lagi berhala itu tidak menjawab. Lalu aku pun melemparkan sebongkah batu ke atas berhala itu, hingga roboh.”

Inilah sosok Abu Bakar Ash Shiddiq yang mulia, dikala waktu itu masyarakat Arab telah dipengaruhi oleh paganisme dan kerusakan moral. Beliau justru tetap berada dalam kebaikan. Bahkan setelah keislamannya Abu Bakar Ash Shiddiq tetap menjadi orang yang terbaik setelah Rasulullah saw. Bahkan Rasulullah saw bersabda, “Orang-orang terbaik dari kalian pada masa jahiliyah menjadi orang-orang terbaik kalian dalam Islam jika mereka paham dan mengerti.”

Yaa Rabb, kami rindu. Perkenankan kami untuk bisa berjumpa dengan Rasulullah saw dan para sahabat di yaumil akhir nanti. Perkenankan doa kami Yaa Rabb……

Keterangan Gambar : Pemeran Abu Bakar dalam Film Omar.

——————————————————-
Sumber :
Al Bukhari, kitab Manaqib Al Anshar, no 3905.
Al Ishabah, 4/147.
Tarikh Al Khulafa’, karya As-Suyuthi, hlm. 48-49.
Sirah wa Hayah Ash Shiddiq, Karya Majdi Fathi, hlm. 34
Biografi Abu Bakar Ash Shiddiq, karya Prof.Dr. Ali Muhammad Ash Shallabi hlm. 38-41
Ashab Ar-Rasul, karya mahmud Al-Mishri, 1/58, Al-Khulafa’, karya mahmud Syakir, hlm. 31.
Tarikh Ad-Da’wah fi ‘Ahdi Al-Khulafa’ Ar Rasyidin, hlm. 43

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web