Dakwah Secara Terbuka Setalah Umar Masuk Islam

Pintu Ledeng TV- Dakwah Secara Terbuka Setalah Umar Masuk Islam

Dakwah Secara Terbuka Setalah Umar Masuk Islam

Pintuledeng – Setelah mengucapkan dua kalimah syahadat, Umar telah memeluk Islam dengan tulus dan ikhlas. Tanpa iming-iming apalagi paksaan, ia berupaya untuk mengokohkan agama Islam dengan segenap kekuatan yang dimilikinya.

Mengenai tekadnya tersebut, Umar pernah berkata kepada Rasulullah saw, “Ya Rasulullah, bukankan kita berada dipihak yang benar bila kita mati dan bila kita hidup?” Beliau menjawab, “Benar, demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, sesungguhnya kalian berada di pihak yang benar bila kalian mati dan bila kalian hidup.” Umar lalu berkata, “Lantas mengapa dakwah Islam kita lakukan secara sembunyi-sembunyi? Demi Dzat yang mengutus anda dengan kebenaran, kami semua akan keluar dengan dari rumah ini.”

Disc Iklan Ramadhan for Web

Rasulullah pun menyetujui usulan Umar karena beliau memandang bahwa sudah saatnya Islam disebarkan secara terang-terangan. Akhirnya, beliau bersama kaum muslim lainnya keluar dari Darul Arqam dalam dua barisan. Satu barisan dipimpin oleh Umar bin Al Khatab dan satu barisan lagi dipimpin oleh Hamzah bin Abdul Muthallib. Tatkala orang-orang Quraisy melihat Umar dan Hamzah memimpin barisan kaum muslimin, mereka tertimpa kesedihan yang belum pernah mereka alami selama ini. Rasulullah saat itu memberi Umar dengan gelar Al Faruq ( pemisah antara yang hak dan yang batil). (HR. Ahmad)

Dengan upaya yang dilakukan oleh Umar, akhirnya kaum muslimin dapat melaksanakan sholat di Ka’bah. Ia bersungguh-sungguh untuk memerangi musuh-musuh Islam. Mengenai dirinya, ia pernah berkata, “Aku bertekad ingin dilihat sebagai orang Islam !!!”

Lantas, apa yang akan dilakukan Umar berkaitan dengan ucapannya tersebut ? Benarkah ia bertekad agar dirinya dilihat sebagai seorang muslim ? Walaupun kondisi Makkah waktu itu belumlah kondusif untuk menyebarkan Islam secara terang-terangan ???

Keterangan gambar : Pemeran Umar bin Al Khatab dalam film Omar.

————————————
Sumber :
Al Khilafah Al Faruq Umar bin Al Khatab, hal. 26-27
Ar Riyadh An Nadhrah, 1/257
Biografi Umar bin Al Khatab, karya Prof.Dr. Ali Muhammad Ash Shalabi hal. 27-28
Syarh Al Mawahib, 1/320
Ath Thanthawi, Akhbar Umar, hal. 19

Comments

comments