Dalil Al Quran Tentang Wajibnya Imamah Atau Khalifah (1)

Pintu Ledeng TV - Dalil Al Quran Tentang Wajibnya Imamah (1)

Dalil Al Quran Tentang Wajibnya Imamah Atau Khalifah (1)

Pintu Ledeng TV – Firman Allah surah An-Nisa‘: 59 :

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allali (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yangdemikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (An-Nisa: 59) 

Ath-Thabari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa ulil amri adalah para amir.1 Setelah itu, Ath-Thabari menyatakan, “Pendapat paling tepat terkait makna ulil amri adalah pendapat kalangan yang menyatakan bahwa mereka adalah para amir dan pemimpin yang wajib ditaati karena Allah, dan dapat memberikan maslahat bagi kaum muslimin. “2 Ibnu Katsir menjelaskan, “Secara tekstual—wallâhu a’lam—ayat ini berlaku secara umum untuk seluruh ulim amri dari kalangan amir dan ulama. “3 Inilah pendapat yang rajih. 

Wajhul istidlal dari ayat ini adalah Allah mewajibkan kaum muslimin untuk taat kepada ulil amri dari kalangan mereka. Ulil amri adalah para pemimpin. Perintah untuk taat kepada pemimpin menunjukkan wajibnya mengangkat seorang pemimpin. Karena Allah tidak akan memerintahkan taat kepada seseorang yang tidak ada wujudnya, dan juga tidak mewajibkan taat kepada orang yang keberadaannya mandub (sunah). Maka, perintah untuk taat kepada ulil amri menuntut perintah untuk mewujudkan ulil amri. Jadi, hal ini menunjukkan bahwa mengangkat seorang imam bagi kaum muslimin adalah kewajiban bagi mereka.

  1. Tafsir Ath-Thabari (VIV/497), tahqiq; Ahmad Sakir. Ia maenyatakan tentang hadits ini, “Sanad hadit ini sahih.”
  2. Tafsir Ath-Thabari (VIV/502). 
  3.  Tafsir Al-Qur’änil ‘Azhim, Ibnu Katsir (II/1003), Darusy Sya’bi, tahqiq: DR. Muhammad Ibrahim Al-Banna, Muhammad Ahmad Asyur, dan Abdul Aziz Ghunaim.

 

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply