Ini Keberanian Abu Bakar Yang Melebihi Keberanian Umar

Ini Keberanian Abu Bakar Yang Melebihi Keberanian Umar

Ini Keberanian Abu Bakar Yang Melebihi Keberanian Umar

Pintu Ledeng TV – Al-lsmaili meriwayatkan dari Umar dia berkata,

“Tatkala Rasulullah wafat, banyak orang yang murtad dan mereka berkata, ‘Kami akan tetap melakukan shalat namun kami tidak akan pernah membayar zakat.’ Saya datang menemui Abu Bakar dan saya katakan kepadanya, ‘Satukan manusia dan bersikaplah dengan penuh kasih kepada mereka karena keadaan mereka itu adalah laksana orang-orang yang buas.”

Abu Bakar berkata, ‘Saya mengharap bantuanmu, namun yang saya dapatkan adalah pengkhianatanmu. Apakah kamu demikian garang di masa jahiliyyah, dan menjadi penakut di dalam Islam, wahai Umar?’ Lalu dengan apa harus saya satukan mereka, dengan syair yang dibikin-bikin dan sihir yang dibuat-buat? Tidak! Tidak! Rasulullah telah meninggal dan wahyu telah putus.

Demi Allah saya akan perangi mereka selama pedang masih bisa bertahan di tanganku, walaupun mereka hanya menolak untuk memberikan seutas tali binatang yang pernah diberikan kepada Rasulullah.”

Ternyata saya dapatkan bahwa dia jauh lebih berani dan kuat keinginannya dan orang yang paling semangat terhadap satu perkara yang mungkin pada pandangan orang itu adalah kecil dan tidak berharga tatkala mereka memerintah. [Imam As-Suyuthi, Tarikh Khulafa,Hal; 80]

#RenunganPagi

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply