Islam Menjamin Pluralitas

PL - Islam Menjamin Pluralitas

Pintu Ledeng TVAllah SWT Telah berfirman yang artinya, “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang sesat. Oleh karena itu, siapa saja yang mengingkari thagut dan mengimani Allah, sesungguhnya ia telah berpegang teguh pada tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah, 256).

Saat Syariah Islam diterapkan oleh sistem Khilafah, warga non muslim dinamakan sebagai ahlu dzimmah. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara yang lain. Meski memang ada kewajiban-kewajiban yang spesifik, sebagai konsekuensi dari perbedaan agama ini. Misalnya jihad hanya wajib bagi warga muslim, sementara jizyah hanya wajib bagi warga non muslim.

Namun, secara umum, mereka mendapatkan jaminan kemanan, perlindungan dan pelayanan yang sama dengan warga lain, yang beragama Islam. Harta dan darah mereka terjaga sebagaimana terjaganya darah dan harta kaum Muslim. Bahkan Rasulullah SAW menyatakan dalam banyak hadis, bahwa siapa menyakiti warga dzimmi tak ubahnya menyakiti Rasulullah SAW. dan tak akan pernah mencium baunya surga.

Diriwayatkan Al-Khathib dari Ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah SAW. pernah bersabda: “Siapa saja yang menyakiti dzimmi maka aku berperkara dengan dia. Siapa saja yang berperkara dengan aku, maka aku akan memperkarakan dia pada Hari Kiamat’ (As-Suyuthi, Al-Jâmi’ ash-Shaghîr) [HF]

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.