Jabatan Adalah Amanah Atau Penyesalan

Pintu Ledeng TV - Jabatan Adalah Amanah Atau Penyesalan
Jabatan Adalah Amanah Atau Penyesalan
 
Pintu Ledeng TV – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menasehatkan kepada Abdurrahman bin Samurah : “Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah engkau meminta kepemimpinan. Karena jika engkau diberi tanpa memintanya, niscaya engkau akan ditolong (oleh Allah dengan diberi taufik kepada kebenaran). Namun jika diserahkan kepadamu karena permintaanmu, niscaya akan dibebankan kepadamu (tidak akan ditolong). ” Imam Al-Bukhari dalam Shahih-nya no. 7146
 
Dari Abu Dzar Al-Ghifari. Ia berkata: “Wahai Rasulullah, tidakkah engkau menjadikanku sebagai pemimpin?” Mendengar permintaanku tersebut beliau menepuk pundakku seraya bersabda: “Wahai Abu Dzar, engkau seorang yang lemah sementara kepemimpinan itu adalah amanah. Dan nanti pada hari kiamat, ia akan menjadi kehinaan dan penyesalan kecuali orang yang mengambil dengan haknya dan menunaikan apa yang seharusnya ia tunaikan dalam kepemimpinan tersebut. ” (Shahih, HR. Muslim no. 1825)
 
Dalam sistem yang kita anut hari ini, kekuasaan begitu digandrungi walaupun tidak sedikit biaya yang mereka keluarkan untuk mencampai kekuasaan tersebut. Akhirnya, mari kita renungi hadits berikut ini : “Sesungguhnya kalian nanti akan sangat berambisi terhadap kepemimpinan, padahal kelak di hari kiamat ia akan menjadi penyesalan. ” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 7148) 

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply