Kedermawanan Abu Bakar Ash-Shiddiq

Pintu Ledeng TV - Kedermawanan Abu Bakar Ash-Shiddiq

Kedermawanan Abu Bakar Ash-Shiddiq

Pintuledeng.com – Allah SWT Berfirman yang artinya : “Dan kelak akan dijauhkan orang-orang yang paling bertaqwa dari api neraka, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya.” (Al-Lail:17-18). Hingga akhir surat, Ibnul Jauzi berkata : Para ulama sepakat bahwa ayat-ayat itu turun mengenai Abu Bakar.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata, “Tidak Ada harta yang memberikan manfaat kepadaku lebih baik dari apa yang diberikan oleh Abu Bakar.” Mendengar ucapan itu, Abu Bakar menangis, dan dia berkata, Bukankan saya dan harta saya hanya untukmu wahai Rasulullah? Abu Ya’la juga juga meriwayatkan hadit yang sama dengan sanad marfu’ dari Aisyah.

Ibnu Asakir dengan berbagai jalur periwayatannya meriwayatkan dari Aisyah dan Urwah bin Zubair, bahwa tatkala Abu Bakar masuk Islam dia memiliki empat puluh ribu dinar (sekitar 108 milyar – red) – dalam lafadz yang lain empat puluh dirham (3,2 Milyar) -, kemudian dia infakkan itu semua untuk Rasulullah.

Abu Said bin Al-A’rabi meriwayatkan dari Ibnu Umar dia berkata: Pada saat Abu Bakar masuk Islam, dia memiliki kekayaan empat puluh ribu dirham di rumahnya, kemudian dia keluar ke Madinah pada saat hijrah dan tidak tersisa dari hartanya kecuali lima ribu. Semua hartanya telah ia pergunakan untuk membebaskan para budak dan membantu kepentingan Islam.

Ibnu Asakir meriwayatkan dari Aisyah, bahwa Abu Bakar membebaskan para budak yang semuanya disiksa karena beriman akan kebenaran agama Allah.

 

 

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply