Kerendahan Hati Imam Al Mubarak Abdullah bin Mubarak

Pintu Ledeng TV - Kerendahan Hati Imam Al Mubarak Abdullah bin Mubarak

Kerendahan Hati Imam Al Mubarak Abdullah bin Mubarak

Pintuledeng.com – Al Hasan telah berkata, “Ketika Ibnu Mubarak berada di Kufah, dia membaca buku tentang cara menunaikan ibadah haji, dia membaca sebuah hadits yang dibelakangnya ada komentar yang berbunyi, “Abdullah berkata, “Dengan hadits ini kami melakukannya.” Lalu dia menyangkal, “Siapa yang menulis kalau ini adalah perkataanku?” maka aku menjawabnya, “seseorang yang telah menulisnya,” dan dia senantiasa memegangi buku itu dan mempelajarinya, “kemudian dia berkata, “Aku tidak akan mampu berkata seperti ini.”

Karena kerendahan hatinya inilah banyak tokoh-tokoh ulama yang menjadi ragu dengan pendapat yang didasarkan dari pendapat Ibnu Al Mubarak, karena Ibnu Al Mubarak tidak mau mengakui bahwa itu adalah pendapatnya. Yang dimaksud ragu di sini adalah terhadap permasalahan-permasalahan syara’ yang tidak sampai pada hukum wajib. 

Al Hasan juga pernah berkata, “Ketika An-Nadhar bin Muhammad menikahkan anaknya. dia mengundang Ibnu Al Mubarak. Dan ketika Al Mubarak datang, dia melayani tamu-tamu yang lain, setelah melihat kejadian itu, An-Nadhar mencegahnya, namun dia tidak menghiraukannya, sehingga dia sendiri yang menggantikan Al Mubarak melayani orang-orang, agar dia mau duduk.[Shafwah Ash-Shafwah, 4/135]

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply