Keutamaan Shalat Sunnah Bagian 1

Pintu Ledeng TV - Keutamaan Shalat Sunnah Bagian 1
Keutamaan Shalat Sunnah Bagian 1
 
Pintu Ledeng TV – Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka beruntung dan selamatlah dia. Namun, jika rusak, maka merugi dan celakalah dia. Jika dalam shalat wajibnya ada yang kurang, maka Rabb Yang Mahasuci dan Mahamulia berkata, ‘Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Jika ia memiliki shalat sunnah maka shalat wajibnya disempurnakan oleh shalat sunnah tadi. Kemudian dihisablah seluruh amalan wajibnya sebagaimana tadi.” [Shahiih Sunan an-Nasa-i no. 451, 452, Sunan at-Tirmidzi I/258 no. 411, Sunan an-Nasa-i I/232]
 
Dari Jabir, ia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
“Jika salah seorang di antara kalian telah menunaikan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah shalat bagi rumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan cahaya dalam rumahnya melalui shalatnya.” [Mukhtashar Shahiih Muslim no. 375, Shahiih Muslim [I/239 no. 778].
 
Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 
“Kerjakanlah shalat (sunnah) di rumah kalian. Karena sebaik-baik shalat seseorang adalah yang dikerjakan di rumahnya kecuali shalat wajib.” [Muttafaq ‘alaihi: Shahiih al-Bukhari (Fat-hul Baari) X/517 no. 6113, Shahiih Muslim I/539 no. 781, Sunan Abi Dawud ‘Aunul Ma’buud IV/321 no. 1434 dan Sunan an-Nasa-i III/198.

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply