Kisah Ammar ra. Dan Kedua Orang Tuanya ( Syuhada Pertama )

Pintu Ledeng TV - Kisah Ammar ra. Dan Kedua Orang Tuanya ( Syuhada Pertama )

Kisah Ammar ra. Dan Kedua Orang Tuanya

Pintuledeng.com – Ammar ra. dan kedua orang tuanya pun telah banyak menderita siksaan yang sangat pedih. Mereka dibaringkan di atas pasir, di bawah terik matahari Mekkah yang sangat panas. Jika Nabi saw. lewat, beliau menasehatinya agar bersabar dan member! kabar gembira tentang surga. Akhirnya, bapak Ammar ra.; Yasir ra., wafat akibat penyiksaan itu. Para penzhalim tidak cukup sampai di situ. Setelah kesyahidan Yasir ra., ibu Ammar pun, yaitu Summayah ra., telah ditikam kemaluannya dengan tombak oleh Abu Jahal terkutuk. Tetapi, hal itu tidak menghalanginya dari Islam. Padahal, ia adalah wanita tua yang lemah. Namun, ia tidak mempedulikan akibat buruknya.

Dalam Islam, merekalah yang pertama kali syahid. Dan masjid yang pertama kali adalah yang dibangun oleh Ammar ra.. Ketika Nabi saw. hijrah ke Madinah, Ammar ra. mengusulkan agar dibuatkan tempat untuk Nabi saw.. Sehingga, beliau dapat beristirahat di siang hari dan mendirikan shalat dengan tenang. Lalu Ammar ra. segera mengumpulkan batu-batu dan mendirikan sebuah masjid yang pertama diQuba.

Dalam setiap pertempuran, Ammar ra. selalu menyertainya dengan penuh semangat dan tekad yang tinggi. Pernah dalam suatu pertempuran ia berkata, “Sebentar lagi, aku akan menjumpai kawan-kawanku, dan aku akan menjumpai Nabi Muhammad saw. beserta jamaahnya.” Lalu ia merasa sangat haus. la meminta segelas air, ternyata yang disodorkan kepadanya adalah segelas susu. la meminumnya lalu berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Yang paling akhir kamu minum di dunia ini adalah susu.” Setelah berkata demikian, ia pun mati syahid. la meninggal dunia pada usia 94 tahun, sebagian lagi menyatakan kurang setengah tahun. (AsadulGhobah)

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web