Kisah Imam Al-Awza’i Dan Shalat Malamnya

Pintu Ledeng TV - Kisah Imam Al-Awza'i Dan Shalat Malamnya

Kisah Imam Al-Awza’i Dan Shalat Malamnya

Pintuledeng.com – Selain termasuk ulama terkemuka dalam hal keilmuan, al-Awza’i juga terkemuka dalam amal ibadah. Terkait ini, Abu Mashar berkata, “Al-Awza’i biasa menghidupkan malam-malamnya dengan banyak melakukan shalat tahajud, banyak membaca al-Quran dan banyak menangis. Bahkan sebagian penduduk Kota Beirut bercerita bahwa pada suatu hari ibunya memasuki rumah al-Awza’i dan memasuki kamar shalatnya. Ibunya mendapati tempat shalatnya basah karena airmata tangisan dia pada malam harinya (Al-‘Ibr, 1/227; Masyâhîr ‘Ulamâ’ al-Amshâr, hlm. 1425).

Al-Awza’i adalah imam para tâbi’ at-tabî’în. Ia adalah ulama yang menggabungkan ilmu dan adab, ibadah dan rasa takut kepada Allah, serta tak pernah mencari muka kepada manusia. Karena itu ia disegani oleh para penguasa dan pejabat (Ahmad Farid, Min A’lâm as-Salaf, 4/10).

Para ulama yang semasa dengan beliau juga mengatakan bahwa beliau adalah imam di bidang hadis dan fikh; juga seorang ulama yang berani berterus terang dalam mengemukakan kebenaran kepada para penguasa (An-Nawawi, Tahdzîb al-‘Asmâ’, 1/298).

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply