Kisah Islam dan Hijrahnya Umar bin Al Khatab Yang Berani !!!

Pintu Ledeng TV - Kisah Islam dan Hijrahnya Umar bin Al Khatab Yang Berani !!!
Kisah Islam dan Hijrahnya Umar bin Al Khatab Yang Berani !!!
 
Pintuledeng.com – Umar Bin Al Khattab masuk Islam pada bulan Dzulhijjah tahun 6 dari kenabian. Saat itu, ia berusia 27 tahun. Ia masuk Islam 3 hari setelah Hamzah memeluk Islam.
 
Ada yang unik dalam diri Umar, terutama pada peristiwa hijrah dari Makkah menuju Madinah. Kita ketahui bersama bahwasanya peristiwa hijrah dilakukan oleh para sahabat secara sembunyi-sembunyi dikarenakan kondisi Makkah tidaklah kondusif waktu itu. Namun, beda halnya dengan apa yang dilakukan Umar tatkala itu. Mengenai hal tersebut, Ibnu Abbas pernah bercerita, “Ali bin Abi Thalib pernah mengutarakan kepada saya, “Saya tidak mengetahui seorang pun di antara kaum muhajirin yang berhijrah kecuali berhijrah secara sembunyi-sembunyi selain Umar bin Al Khatab.”
 
Tatkala ia berniat untuk berhijrah, ia menghunus pedangnya, meletakkan busur di pundaknya, memegang beberapa anak buah dan membawa tombak lalu ia berjalan menujuh Ka’bah. Setelah melakukan shlaat dan thawaf di sekitar Ka’bah, Umar lalu mendatangi orang-orang Quraisy lalu mengatakan, “Siapa yang ingin ibunya celaka, anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda, maka hendaklah ia temui aku di lembah ini!”
 
Ali bin Abi Thalib lalu melanjutkan ceritanya, “Tidak ada seorang pun yang mengikuti Umar berhijrah kecuali orang-orang papa. Maka Umar pun membimbing mereka, lalu berangkat ke Madinah.”
 
Sungguh luar biasa apa yang dilakukan oleh Umar bin Al Khatab. Semoga kita dimampukan oleh Allah SWT untuk bisa menyampaikan kebenaran secara baik dan terang-terangan. Aamiin Yaa Rabbal’alamin.
 
Keterangan gambar : Umar bin Al Khatab dalam film Omar.
#‎MengenalSahabat‬ ‪#‎SahabatUnderKhilafah‬ ‪#‎MariTerapkanIslamKembali‬ ‪#‎SedangBelajarMenulis‬
—————————————
Sumber :
Tarikh Al Khulafa’, hal 137
Ath Thantawi, Akhbar Umar, hal 22
Biografi Umar bin Al Khatab, karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash Shalabi, hal 30-31
Shahih At Tautsiq fi Sirah Al Faruq, hal 30

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web