Menangislah Karena Takut Kepada Allah

Pintu Ledeng TV - Menangislah Karena Takut Kepada Allah

Menangislah Karena Takut Kepada Allah

Pintu Ledeng TV – Abdullah bin Rawahah r.a. adalah seorang sahabat. Pada suatu hari ia menangis dengan sedihnya. Melihat keadaan itu, istrinya turut menangis bersamanya. Dia bertanya kepada istrinya, “Mengapa kamu menangis?” Istrinya menjawab, “Apa yang menyebabkan engkau menangis, itulah yang menyebabkan saya menangis.” Abdullah r.a. berkata, “Ketika saya ingat bahwa saya harus menyeberangi neraka melalui Shirat, saya tidak tahu apakah saya akan selamat atau tidak.”

Seorang sahabat Anshar duduk termenung sambil menangis setelah shalat Tahajjud. Dia berkata, “Sungguh saya takut kepada api neraka Jahanam yang telah disediakan Allah.” Rasulullah saw. bersabda, “Engkau telah membuat para malaikat menangis.”

Rasulullah saw. bersabda, “Seseorang yang takut kepada Allah, maka segala sesuatu akan takut kepadanya. Dan seseorang yang takut kepada selain Allah, maka ia akan takut kepada segala sesuatu.”

Uqbah bin Amir r.a. bertanya kepada Nabi saw., “Tunjukanlah kepada Saya jalan ke arah keselamatan.” Nabi saw. menjawab, “Jagalah lidahmu dan tinggallah di rumah sambil menangis menyesali dosa-dosamu.”

Aisyah r.a. bertanya kepada Rasulullah saw., “Adakah di antara pengikut-pengikutmu yang akan memasuki Surga tanpa hisab?” “Ya,” jawab Nabi, “Ia adalah orang yang banyak menangis karena menyesali dosa-dosa yang telah ia lakukan.”

Rasulullah saw. bersabda, “Wajah yang dibasahi air mata karena takut kepada Allah, walaupun sedikit, akan diselamatkan dari api neraka.” Beliau pun bersabda, “Apabila hati seorang Muslim bergetar karena takut kepada Allah, gugurlah dosa-dosanya seperti daun-daun kering berguguran.” Beliau bersabda lagi, “Jika seseorang menangis karena takut kepada Allah Swt., maka dia tidak akan masuk neraka, seperti tidak mungkinnya air susu masuk kembali ke putingnya.”

Akhirnya, mari kita renungi perkataan Umar berikut ini, “Pada hari Kiamat nanti, apabila diumumkan bahwa semua manusia akan memasuki Surga kecuali seorang saja yang akan memasuki neraka, maka saya maerasa khawatir bahwa yang seorang itu adalah saya, karena dosa-dosa saya begitu banyak. Sebaliknya jika diumumkan bahwa semua manusia akan masuk neraka kecuali seorang saja yang akan memasuki Surga, saya pun berharap bahwa yang seorang itu adalah saya sendiri.”

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply