Mengenal Al Faruq, Sang Pembela Agama Allah !!!

Pintu Ledeng TV - Mengenal Al Faruq, Sang Pembela Agama Allah !!!

Mengenal Al Faruq, Sang Pembela Agama Allah !!!

Pintuledeng.com – 13 Tahun setelah tahun Gajah, lahirlah sosok manusia tangguh yang melalui kedua tangannya dan atas izin Allah SWT, Iraq dan Wilayah-wilyah timur takluk dalam kepemimpinan beliau.

Sosok tersebut biasa dikenal dengan sebutan Abu Hafsh dan diberi gelar Al Faruq. Tentunya kita mengenal sosok yang satu ini. Benar, sosok tersebut tidak lain tidak bukan adalah Umar Bin Al Khattab. Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasulullah saw pada Ka’ab bin Luay bin Ghalib. Ia digelari dengan julukan Al Faruq karena Umar bin Al Khattab menampakkan Islam ketika di Makkah, maka Allah memisahkan dengan Umar antara kekufuran dan keimanan.

Dengan warna kulit yang kemerah-merahan, wajahnya yang tampan, tangan dan kakinya yang kekar serta postur tubuhnya yang tinggi besar menandakan bahwa ia adalah orang yang kuat. Jika ia berbicara, suaranya didengar dengan lantang, jika ia berjalan, jalannya begitu cepat, jika ia memukul maka pukulan beliau begitu menyakitkan.

Begitu banyak cerita yang bisa kita dengar mengenai kehebatan beliau. Sampai-sampai beliau dinobatkan menjadi pengganti manusia terbaik kedua setelah Rasulullah saw, yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq. Semoga tulisan-tulisan selanjutnya dapat memberikan informasi mengenai manusia yang telah Allah SWT janjikan Surga kepadanya.

Keterangan Gambar : Umar Bin Alkhattab dalam Film Omar.

————————————
Sumber :
– Ibnu Sa’ad Ath Thabaqat Al Qubra, 3/265.
– Ibnu Abd Al Hadi, Mahdh Ash Shawab fi Fadhail Amir Al Mukminin Umar Bin Al Khattab, 1/13.
– Shahih At Tautsiq fi Sirah wa Hayah Al Faruq Umar bin Al Khattab, hal. 15.
– As Suyuthi, Tarikh Khulafa’ hal. 133.
– Biografi Umar bin Al Khattab, Prof. Dr. Ali Muhammad Ash Shillabi hal. 14-15.
– Al ‘Ani, Al Khalifah Al Faruq Umar bin Al Khattabm hal.15.
– An Nawawi, Auliyat Al Faruq, hal. 24

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web