Mereka Hidup Dengan Minimnya Air Kehidupan !!!

Mereka Hidup Dengan Minimnya Air Kehidupan !!!

Pintu Ledeng TV – Sahabatku yang dirahmati Allah SWT, walau Bogor hingga saat ini dikenal sebagai kota hujan dengan keberlimpahan petir serta airnya. Namun, di Kampung Babakan Haji Saih (BBHS) Ciomas Bogor ini hal tersebut justru menjadi hal yang begitu mencemaskan.

Mengapa tidak, di saat musim hujan yang sedang “melanda” daerah mereka justru kekurangan air. Walau hampir di setiap rumah mereka didapati sumur-sumur yang telah mereka gali sendiri, namun keberadaan air masih terbilang “langka” untuk menghidupi kebutuhan mereka sehari-hari.

Untuk menutupi kebutuhan mereka sehari-sehari mereka mecoba melakukan aktifitas mandi,cuci dan kakus (MCK) di sebuah kali kecil dan sebuah kamar mandi tua dan tidak berpintu dengan atap yang sangat memprihatinkan yang menurut kami sudah tidak layak untuk dijadikan tempat untuk mereka melakukan aktifitas tersebut.

Sedangkan untuk membuang hajat, dengan jamban yang sudah tidak layak pakai mereka mencoba untuk bertahan dan tetap menggunakan jamban tersebut walau saat ini kondisi jamban tersebut sudah sedikit tertutup dengan bilik bekas yang mampu membuat mereka merasa ada sedikit “privasi” di dalamnya.

Di satu sisi, memang kondisi perekonomian warga setempat tidaklah mencukupi mereka untuk membangun sarana dan prasarana yang mumpuni dan memiliki tingkat edukasi yang baik. Sehingga mereka “mencukupkan diri” dengan segala kondisi yang ada.

Parahnya, tatkala musim kemarau tiba, air yang menjadi sumber kehidupan mereka tidak mengalir sama sekali baik dalam sumur-sumur mereka bahkan kali yang biasa mereka gunakan untuk mencuci dan membuang hajat mereka. Sehingga dalam kondisi yang demikian, mereka tetap mencoba bertahan hidup untuk mencari air ke atas gunung yang mana ada sebagian warga yang masih bisa dijadikan tumpuan harapan mereka untuk mengisi kehidupan mereka yang mengalamai ujian dengan sulitnya untuk mendapat air dan air bersih yang diidam-idamkan warga selama ini.

Berikut kami lampirkan beberapa foto terkait keadaan tersebut di atas :

1. Kondisi Dari Luar

2. Kondisi Kamar Mandi

3. Kondisi Dalam Kamar Mandi

4. Jamban dan Tempat Mencuci Pakaian

5. Pengukuran Lahan Untuk Membangun Kamar Mandi dan Tempat Pembuangan Sampah

6. Rencana Pembangunan Kamar Mandi

 

Melihat kondisi yang seperti itu, hati kami terenyuh dan terketuk untuk memberikan bantuan, namun kami memiliki keterbatasa. Walau hingga saat ini kami sudah berupaya memberikan sedikit bantuan berupa batu, batako, genteng, asbes dll. Namun masih banyak material lain yang kami butuhkan.

Oleh karena itu kami mengajak sahabat semua untuk berperan serta dalam pembangunan sumur dan kamar mandi serta perbaikan ini. Besar harapan kami agar kita dapat bersama-sama saling bahu membahu untuk kesuksesan program ini. Program ini datang karena bentuk rasa kemanusiaan, bukan dari lembaga atau yayasan. Semoga peran kecil kita dapat membuat mereka tersenyum bahagia. Kami juga melaporkan kegiatan kami kepada pihak RT dan RW setempat serta berupaya untuk membangun swadaya di tempat mereka tinggal.

Salurkan Donasi Anda Melalui Rekening Berikut :

BNI Syariah
a/n Akhmad Husein Fauzi
Nomor Rekening : 0389093323

Mandiri Syariah
a/n Akhmad Husein Fauzi
Nomor rekening : 709 507 6224

Salurkan Donasi tersebut dengan menggunakan kode 1 di setiap donasi untuk membedakan dana sumbangan dari rekan-rekan sekalian. Contoh : Menyumbang Rp 100.000, Transfer sebesar Rp 100.001

Insya Allah laporan dana yang masuk dan yang digunakan untuk pembangunan akan kami informasikan melalui website ini. Atas Perhatian sahabat semua kami ucapkan banyak terima kasih

*RAB, Layout dan Video sedang kami buat untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0857 1953 5153 (WA/Telegram/SMS/Call)

Donasi Via Kita Bisa:
https://kitabisa.com/airbersihuntukbbhs

 

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply