Nasihat Rasulullah Kepada Para Sahabat Mengenai Dua Jenis Manusia

Pintu Ledeng TV - Nasihat Rasulullah Kepada Para Sahabat Mengenai Dua Jenis Manusia

Nasihat Rasulullah Kepada Para Sahabat Mengenai Dua Jenis Manusia

Pintu Ledeng TV – Suatu ketika, Rasulullah saw, sedang duduk bersama beberapa orang sahabatnya. Kemudian seseorang berjalan didepan mereka. Nabi saw, bertanya kepada mereka, “Bagaimana pendapat kalian mengenai orang ini?”

Mereka menjawab, “Ya Rasulullah, dia termasuk orang-orang yang mulia. Demi Allah, jika dia melamar seorang wanita, lamarannya pasti diterima. Jika dia melindungi seseorang, tentu perlindungannya akan disetujui.”

Mendengar jawaban mereka Nabi saw hanya terdiam. Tidak lama kemudian, datang seorang lagi yang berjalan di depan mereka. Rasulullah saw, bertanya tentang orang itu. Mereka menjawab, “Ya Rasulullah, dia seorang Islam yang miskin. Jika dia melamar seorang wanita, pasti lamarannya ditolak. Jika dia mengusulkan sesuatu pasti tidak akan diterima. Jika dia berbicara, tidak ada orang yang mendengarkannya.” 

Rasulullah saw bersabda, “Apabila seluruh dunia dipenuhi oleh orang seperti yang pertama tadi, maka orang yang kedua lebih baik dari mereka semua.” [Al-Kandahlawi, Fadha-il A’mal, hlm. 467-468]

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply