Perkataan Para Sahabat dan Salafus Saleh Tentang Keutamaan Abu Bakar Bagian 1

Pintu Ledeng TV - Perkataan Para Sahabat dan Salafus Saleh Tentang Keutamaan Abu Bakar Bagian 1

Perkataan Para Sahabat dan Salafus Saleh Tentang Keutamaan Abu Bakar

Pintu Ledeng TV – Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Umar bin Al-Khathab berkata,  “Abu Bakar adalah sayyid (pemimpin) kami. ” Al-Baihaqi dalam Syu ‘ab Al-Iman meriwayatkan dari Umar bahwa dia berkata, “Andaikata iman Abu Bakar ditimbang dengan keimanan seluruh keimanan penghuni bumi, maka keimanan Abu Bakar akan lebih berat daripada keimanan mereka. ” 

Ibnu Khaitsamah dan Abdullah bin Ahmad dalam Zawaid Az-Zuhd meriwayatkan dari Umar bin Al-Khathab, sesungguhnya Abu Bakar adalah orang selalu awal melakukan kebaikan. 

Dalam Musnadnya Musaddad meriwayatkan bahwa Umar bin AlKhathab berkata, “Sungguh saya sangat mendambakan diriku adalah seutas rambut yang ada di dada Abu Bakar. ” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya dan Ibnu Asakir). 

Umar juga berkata, “Sesungguhnya wangi badan Abu Bakar itu adalah jauh lebih wangi daripada wanginya misk, ” (Riwayat Abu Nu’aim). 

Ibnu Asakir meriwayatkan dari Ali bahwa dia masuk menemui Abu Bakar, saat itu ia sedang berada dalam keadaan musajja. Maka berkatalah Ali, “Tidak ada seorangpun yang menemui Allah dengan mushhaf yang lebih saya cintai dari orang yang berbaring ini.” 

 Ibnu Asakir dari Abdur Rahman bin Abu Bakar shiddiq dia berkata, Rasulullah bersabda, “Umar mengatakan kepada saya tidak satu kalipun saya berlomba dalam melakukan kebaikan kecuali saya selalu dikalahkan oleh Abu Bakar.”

Imam Ath-Thabarani meriwayatkan dalam Al-Awsath dari Ali bin Abi Thaiib, dia berkkata, “Demi zat yang diriku berada di tangan-Nya, pernah kita berlomba melakukan kebaikan, kecuali Abu Bakar akan mengungguli kami. ” 

Dalam Al-Awsath dari Jahifah, dia berkata, Ali berkata, “Orang yang paling baik setelah Rasulullah adalah Abu Bakar dan Umar. Dan tidak akan bersatu rasa cinta dan benci kepada Abu Bakar dan Umar dalam kalbu seorang mukmin.

Tarikh Khulafah, Imam Suyuthi Hal 65-66 

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply