Rahasia Zikir Hauqalah

Rahasia Zikir Hauqallah

Pintu Ledeng – Zikir mengingat Allah dengan mengucapkan kalimat zikir hauqalah, yakni Laa haula walaa quwwata illaa billaah, yang artinya tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah mengandung berbagai faidah yang sangat besar.

Menurut Ibnu Mas’ud, lafadz zikir hauqalah mengandung makna, Tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindungan dari Allah. Tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Allah Ta’ala.

Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdullah, bahwasanya anak laki-laki ‘Auf bin Malik al-Asyja’iy yang bernama Salim, telah ditawan oleh orang-orang musyrik. Kemudian, ia mendatangi Rasulullah saw dan mengadukan kesedihannya kepada Rasulullah, sambil berkata, “Sesungguhnya, musuh telah menawan anakku, dan ibunya menjadi sangat sedih.  Lantas, apa yang engkau perintahkan kepadaku?  Rasulullah saw menjawab, “Bertaqwalah kepada Allah, bersabarlah, dan aku anjurkan agar kamu dan isterimu memperbanyak bacaan “La Haulah wa Laa Quwwata Illa bi al-Allah”.  Lalu, ia kembali ke rumahnya dan berkata kepada isterinya,”Rasulullah saw telah memerintahkan aku dan kamu untuk memperbanyak bacaan “La Haulah wa Laa Quwwata Illa bi al-Allah”.  Isterinya menjawab, “Baiklah.”  Keduanya segera melaksanakan apa yang diperintahkan Rasulullah saw. Akhirnya, anaknya berhasil meloloskan diri dari musuh, dan menggiring ternak-ternak mereka. Kemudian, ia membawa ternak-ternak itu di hadapan ayahnya.  Jumlah ternak itu adalah 4000 ekor kambing, dan Rasulullah saw memberikan ternak itu kepadanya

Tidak lama kemudian datanglah kemudahan. Anak laki-lakinya terlepas dari tangan musuh, dan kembali dengan membawa ghanimah.  Anak laki-laki itu kemudian menemui bapaknya, dengan membawa ghanimah yang diperolehnya dari musuh.  Lalu, turunlah firman Allah swt, “Wa man yattiqillaha yaj’al lahu makhrajan wa yarzuqhu min haitsu la yahtasib.”  Yakni surat At-ThalaqDalam riwayat lain disebutkan, bahwa anak laki-laki itu membawa seratus ekor unta.

Sumber : Tafsir Qurthubiy

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.