Rasa Takut Hanzhalah Dari Kemunafikan

Pintu Ledeng TV - Rasa Taku Hanzhalah Dari Kemunafikan

Rasa Takut Hanzhalah Dari Kemunafikan

Pintu Ledeng TV – Hanzhalah bercerita, suatu hari kami menghadiri majelis Rasulullah saw. Beliau memberikan nasihat kepada kami, nasihat itu membuat hati kami lembut sehingga kami mencucurkan air mata, seolah-olah kami melihat surga dan neraka seperti yang diceritakan oleh beliau. Sepulangnya dari majelis Rasulullah saw saya kembali kerumah menemui anak dan istri saya. Lalu bercanda dengan anak-anak saya dan bercumbu dengan istri saya, kemudian kami membicarakan masalah keduniaan. Suasana dirumah berbeda sekali dengan suasana di majelis Rasulullah saw. jika tadi saya merasa takut, tetapi kini saya merasa gembira. Tiba-tiba saya bertanya dalam hati, “Hanzhalah, engkau kini telah menjadi munafik. Nyatanya, keadaanmu ketika berada di hadapan Rasulullah saw jauh berbeda dengan keadaan sekarang ketika kamu berada dirumah.”

Saya merasa sangat sedih dan kecewa terhadap diri saya. Saya pun keluar rumah sambil berkata, “Hanzhalah telah menjadi munafik.” Ketika saya bertemu dengan Abu Bakar, saya terus berkata demikian. Abu Bakar berkata, “Subhanallah! Apa yang engkau katakan? Sekali-kali Hanzhalah bukanlah seorang munafik.”

Saya berkata, “Ketika kita mendengar nasihat nabi tadi, saya merasa surga dan neraka betul-betul di depan kita. Tetapi ketika pulang bertemu dengan keluarga, kita melupakan kampung akhirat.”

Abu Bakar Berkata, “Ya, keadaan saya juga demikian.” Kemudian kami berdua menghadap Rasululah saw. Saya berkata, “Ya Rasulullah , saya telah menjadi orang munafik.” Nabi bertanya, “Apa yang terjadi?” Saya berkata, “Ya Rasulullah, jika kami berada di majelismu dan engkau menceritakan tentang surga dan neraka kepada kami, kami merasa takut. Tetapi jika kami kembali kerumah menjumpai anak istri kami, kami bercanda dan bermain bersama mereka, kami melupakan surga dan neraka.”

Mendengar penjelesan saya, Nabi saw bersabda, “Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, jika setiap saat keadaanmu seperti ketika berada didekat saya, niscaya para malaikat akan turun mengucapkan salam kepadamu di tempat tidurmu dan ketika kamu sedang berjalan. Tetapi wahai Hanzhalah, keadaan seperti itu jarang terjadi.”

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply