Sakitnya, Wafatnya dan Wasiat Abu Bakar Ash-Shiddiq (1)

Pintu Ledeng TV - Sakitnya, Wafatnya dan Wasiat Abu Bakar Ash-Shiddiq (1)

Sakitnya, Wafatnya dan Wasiat Abu Bakar Ash-Shiddiq (1)

Pintuledeng.com – Saif dan Al-Hakim meriwayatkan dari Ibnu Umar dia berkata, “penyebab kematian Abu Bakar adalah sama dengan kematian Rasulullah. Dia itu sangat sedih, hingga badannya kurus dan akhirnya dia meninggal.

Ibnu Sa’ad dan Al-Hakim dengan yang shahih meriwayatkan dari Ibnu Syihab bahwa Abu Bakar dan Al-Harits, adalah dua orang yang makanannya adalah daging kecil yang diiris-iris, yang dituangkan air diatasnya, yang dihadiahkan kepada Abu Bakar. Al Harits berkata kepada Abu Bakar, “Wahai Khalifah Rasulullah, angkatlah tanganmu karena sesungguhnya di dalamnya ada racun tahunan, sesungguhnya engkau dan aku akan meninggal pada hari yang sama.” Dia kemudian mengangkat tangannya. Dan keduanya sakit hingga akhirnya mereka meninggal pada hari yang sama di akhir tahun. 

Al Hakim meriwayatkan, dari Asy-Sya’bi dia berkata, “Apa yang kita bayangkan akan terjadi pada dunia yang fana ini, dimana Rasulullah diracun dan Abu Bakar juga diracun.”

Al-Waqidi dan Al-Hakim meriwayatkan dari Aisyah dia berkata, “Awal sakit ayahku, Abu Bakar ialah pada saat dia mandi pada hari Senin,tanggal 7 Jumadil Akhir. Kemudian dia merasa kedinginan seharian. Dia terserang demam selama lima belas hari dan tidak bisa menghadiri shalat jamaah. Dia meninggal pada malam Selasa tanggal 22 Jumadil Akhir tahun 13 Hijriah dalam usia 63 tahun.

Ibnu Sa’ad dan Ibnu Abi Ad-Dunya meriwayatkan dari Abu As-Safar dia berkata, “Para sahabat masuk menemui Abu Bakar. Pada saat itu dia sakit, Mereka berkata, ‘Wahai Khalifah Rasulullah, tidaklah tidakkah kami akan panggilkan untukmu seorang dokter hingga dia memeriksa penyakit yang engkau derita? Abu Bakar berkata, “Dia telah melihat apa yang ada padaku!” Mereka bertanya, “Apa katanya? Dia berkata, “Saya melakukan apa yang saya kehendaki.” [Tarikh Khulafa’ Hal 89-90]

Bersambung…

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply