Sedekah Pengemis dan Rasa Malu

Pintu Ledeng – Sedekah sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam berbagai hadits orang yang bersedekah akan diganjar pahala dan diganti rizkinya berlipat ganda. Namun, sedekah pun ada adabnya.

Seseorang menjadi pengemis ada yang karena memang butuh ada juga yang karena ia pemalas. Maka kita perlu mendidiknya agar jangan sampai ia hanya bergantung pada pemberian orang lain yang iba padanya, atau bermalas-malas tanpa niat bekerja. Kiranya kisah berikut patut diambil hikmahnya.

Abu Nu’aim dalam kitab Al-Hilyah (Juz 1 hal. 297), mengeluarkan hadits dari Nafi’ bahwa Umar ra merasa sakit. Untuknya dibelikan setandan anggur dengan harga satu dirham. Namun, datang pengemis. Ibnu Umar berkata.” Berikan saja (anggurku) kepadanya”. Orang miskin itu pun berlalu. Setelah itu Ibnu Umar dibelikan lagi setandan anggur seharga satu dirham. Tetapi datang pengemis meminta-minta kepadanya. Ibnu Umar berkata, ”Berikan saja (anggurku) kepadanya”. Pengemis itu pun berlalu. Kemudian Ibnu Umar dibelikan lagi setandan anggur seharga satu dirham. Namun lagi-lagi datang pengemis meminta-minta kepadanya. Ibnu Umar berkata, ”Berikan saja (anggurku) kepadanya”. Orang miskin itu pun berlalu. Setelah itu dibelikan untuknya anggur seharga satu dirham. Seandainya Ibnu Umar mengetahui hal itu maka ia tidak akan mencicipi anggur tersebut.

Abu Nu’ aim mengeluarkan hadits melalui jalur Iain bahwa Ibnu Umar ra. ingin sekali makan anggur, sementara beliau sedang sakit. Aku membeli setandan anggur seharga satu dirham. Aku datang dan memberikan kepada tangannya. Akan tetapi datang pengemis, sehingga ia memerintahkan untuk memberikan (anggur itu) kepada pengemis  tersebut. Hal itü berlangsung hingga tiga atau empat kali, sampai aku berkata kepada pengemis tersebut, ”Celaka engkau, mengapa engkau tidak merasa malu!”. Lalu aku membeli lagi (setandan anggur) seharga satu dirham. Maka İbnu Umar pun akhimya bisa makan .

Sumber : Hayatu Shahabah karya Yusuf Kandahlawi

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.