Sedekah Tidak Akan Mengurangi Rizkimu

Pintu Ledeng - Sedekah Tidak Akan Mengurangi Rizkimu

Pintu Ledeng TV – Pernahkah Engkau ragu-ragu ketika akan sedekah? Bimbang memilih lima puluh ribu atau lima ribu yang akan dimasukan ke keropak masjid? Berat sedekah sepuluh ribu saja padahal sekali makan siang lebih dari itu?
Syetan akan selalu menghalangi manusia melakukan amal shalih. Termasuk sedekah. Syetan akan menakut-nakuti orang yang bersedekah dengan kemiskinan dan berkurangnya harta yang dimiliki. Allah sendiri yang berfirman,
الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 168)

Ibnu Katsir berkata tentang firman Allah Ta’ala, “Syetan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan”, maksudnya ia menakut-nakuti kalian dengan kefakiran supaya kalian tetap menggenggam tangan kalian, sehingga tidak menginfakkanya dalam keridhaan Allah.

Dalam syarah Riyadhush Shalihin menjelaskan hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,
مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ
“Sedekah tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin memuliakan dirinya. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu’ (rendah hati) karena Allah, melainkan Allah pasti akan meninggikannya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberitahukan hakikat sedekah tidak mengurangi harta kita. Secara perhitungan, harta yang kita keluarkan memang mengurangi isi dompet. Namun, setelah itu sedekah akan menambah hartanya, baik jumlah maupun berkah. Sedekah akan menjadi kunci pintu rizki dan sebab bertambahnya. Maka apakah masih disebut, sedekah mengurangi rizki?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Yakinlah Allah akan memberikan ganti yang lebih baik berupa harta yang disegerakan atau pahala di akhirat.

Ibnu katsir dalam menafsirkan ayat di atas, “Apapun yang kamu infakkan dalam apa yang diperintahkan kepadamu atau yang dimubahkan, maka Dia akan memberikan gantinya untukmu di dunia, dan di akhirat dengan ganjaran dan pahala.”

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Qudsi, “Allah Ta’ala berfirman, “Berinfaklah, Aku akan berinfak untuk kalian.” (Muttafaq ‘Alaih dari Abu Hurairah)

Dalam hadits lain,
مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُولُ الْآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
“Tiada hari melainkan pada pagi harinya ada dua malaikat yang turun. Lalu salah satunya berucap (berdoa), ‘Ya Allah, berilah ganti untuk orang yang berinfaq’. Sedangkan yang lain berdoa, ‘Ya Allah timpakanlah kehancuran kepada orang yang kikir (tidak berinfaq)’.” (Muttafaqun ‘alaih)

Maksudnya orang yang akan dihancurkan hartanya adalah orang yang menahan harta dari apa yang Allah wajibkan untuk mengeluarkannya. Karena tidak semua orang yang menahan harta didoakan seperti itu. Tetapi orang yang menahan harta dari infak yang Allah wajibkan, itulah yang didoakan oleh malaikat bahwa Allah akan menghancurkannya dan menghancurkan hartanya.

Rasulullah Saw pernah bersabda kepada Bilal bin Rabbah Ra, “Berinfaklah wahai Bilal! Dan janganlah kamu takut berkurang harta (fakir) dari Sang Pemilik ‘Arsy (Allah).” (HR. Al-Baihaqi dan Al-Thabrani)

Masihkan Engkau ragu dengan janji Allah? Masihkan Engkau ragu bahwa Allah akan mengganti rizki yang disedekhkan bahkan melipatgandakannya? Semoga kita termasuk hamba yang bersegera dalam bersdekah

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply