Sekilas Mengenai Kekhilafahan Umar Bin Al Khattab (1)

Sekilas Mengenai Kekhilafahan Umar Bin Al Khattab (1)
Sekilas Mengenai Kekhilafahan Umar Bin Al Khattab (1)
 
Pintu Ledeng TV – Umar memangku jabatan khilafah dengan wasiat dari Abu Bakar. Dia mulai memangku khilafah pada bulan Jumadil Akhir tahun tiga belas Hijriyyah.
 
Az-Zuhri berkata: Umar menjadi khalifah di hari meninggalnya Abu Bakar, Yakni pada hari Selasa tanggal dua puluh dua Jumadil Akhir. (HR Al-Hakim)
 
Dia menjalankan tugas kekhilafahan itu dengan sebaik-baiknya. Di masa kekhilafahannya terjadi banyak penaklukan (pembukaan) wilayah-wilayah.
 
Pada tahun 14 H, Damaskus ditaklukkan dengan jalan damai dan peperangan. Pembukaan kota Himsh dan Baklabakka dengan cara damai, sedangkan Bashrah dan Ablah melalui peperangan.
 
Pada tahun ini pula Umar mengumpulkan manusia untuk melakukan shalat tarawih dengan berjama’ah. Riwayat ini disebutkan oleh Al-Askari dalam kitabnya Al-Awail.
 
Pada tahun 15 H, Yordania ditaklukkan dengan cara kekerasan kecuali wilayah Thabariyyah yang dibuka dengan jalan damai. Pada tahun ini pula terjadi Perang Yarmuk dan Qadisiyah.
 
Ibnu Jarir berkata: Pada tahun itu Sa’ad membangun kota Kufah. Umar mewajibkan beberapa hal, membangun kantor-kantor dan memberikan gaji khusus kepada orang-orang yang masuk Islam lebih dahulu.
 
Pada tahun 16 H kota Al-Madain dan Al-Ahwaz ditaklukkan. Pada saat itu Sa’ad melakukan shalatJum’at di istana Kaisar Iran. Jum’at itu adalah shalat yang pertama kali dilakukan di Irak. Kejadian itu terjadi pada bulan Shafar. Di tahun itu juga terjadi perang Jalula’ dan Yazdajir Ill anak Kisra melarikan diri ke Ray di wilayah Utara Iran. Pada tahun ini pula ditaklukkan kota Tikrit.
 
Pada tahun 16 H, Umar mengadakan perjalanan ke luar dan membuka kota Baitul Maqdis. Pada saat itulah Umar menyampaikan khutbahnya yang sangat terkenal di Al-Jabiyah (sebuah desa di sebelah Barat Damaskus).
 
Pada tahun ini juga dibuka kota Qinnasrin dan Saruj dengan kekerasan (peperangan-red). Sedangkan kota Halb, Anthakiyah dan Manbaj serta Qarqaisya’ dengan cara damai. Pada bulan Rabiul Awal di tahun enam belas inilah mulai ditulis awal penanggalan tahun Hijriyyah atas usulan dari Ali bin Abi Thalib. [Imam As-Suyuthi, Tarikh Khulafa,Hal; 152]

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply