Sekilas Tentang Kekhilafahan Utsman Bin Affan (2)

Pintu Ledeng TV - Sekilas Tentang Kekhilafahan Utsman Bin Affan (2)

 Sekilas Tentang Kekhilafahan Utsman Bin Affan (2)

Pintuledeng.com – Ibnu Sa’ad dan Al-Hakim meriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas’ud dia berkata, “Tatkala Utsman dilantik, kami beranggapan bahwa kami telah mendudukkan orang yang paling baik di puncak pimpinan.”

Pada masa kekhilafahannya, kota Ray ditaklukkan. Sebelumnya pernah ditaklukkan, namun lepas kembali. Pada tahun pemerintahannya ini banyak orang yang ditimpa sakit mimisan. Oleh sebab itu tahun tersebut disebut, Tahun Mimisan (Sanat Ru’af). Utsman juga terkena penyakit ini sehingga dia tidak sempat menunaikan ibadah haji. Di tahun pemerintahannya juga ditaklukkan benteng-benteng pertahanan pasukan Romawi. Utsman juga mengganti Al-Mughirah, gubernur Kufah, dengan Sa’ad bin Abi Waqash.

Pada tahun kedua puluh lima hijriyah, Utsman mencopot Sa’ad bin Abi Waqash dari jabatannya sebagai gubernur dan menggantinya dengan Al-Walid bin ‘Uqbah bin Mu’ith. Dia adalah seorang sahabat, saudara sesusu Utsman. Pengangkatan inilah yang menjadi bencana untuknya. Karena dia dianggap mendahulukan kerabatnya dalam masalah jabatan. Diriwayatkan bahwa Al-Walid pernah menjadi Imam shalat subuh sebanyak empat rakaat sedangkan dia berada dalam keadaan mabuk. Kemudian dia menoleh kepada makmumnya seraya berkata: Apakah rakaatnya harus saya tambah?

Pada tahun kedua puluh enam Hijriah, Utsman memperluas masjid haram. Dia membeli tanah penduduk untuk perluasan itu. Pada tahun ini pula dibuka Sabur. 

Pada tahun dua puluh tujuh, Mu’awiyah menyerang Cyprus. Dia menyebrang laut dengan pasukannya. Ubadah bin Ash-Shamit dan istrinya ummu Haram binti Milham Al-Anshariyah ada dalam rombongan pasukan itu. Ummu Haram terjatuh dari tunggangannya, dan mati syahid disana. Rasulullah pernah mengabarkan kepadanya tentang tentara ini. Rasulullah juga mendoakan semoga dia termasuk salah seorang dari mereka. Dia dikuburkan di Cyprus.

Pada tahun itu pula kota Arjan dan Darbijad ditaklukkan. Utsman juga memecat ‘Amr bin Al-Ash dari jabatan gubernurnya di Mesir dan menggantikannya dengan Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sarah. Gubernur baru ini pergi dengan pasukannya ke wilayah Afrika, dan dia mampu membuka wilayah darat serta pegunungan-pegunungan Afrika. Setiap orang tentara waktu itu mendapat bagian rampasan perang sekitar seribu dinar. Ada juga yang mengatakan tiga ribu dinar. Andalusia juga dibuka tahun ini. [Tarikh Khulafa’ Hal 179]

 

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply