Sikap Bijaksana Umar Bin Khattab – Bagian 2

Sikap Bijaksana Umar Bin Khattab

Pintu Ledeng TV – Ketika Umar Bin Khattab berpidato di AL-Jabiyah, syam. Ia berbicara tentang harta rampasan perang dan tata cara pembagiannya., serta masalah lainnya. Umar mengatakan “ Aku meminta maaf kepada kalian atas pencopotan jabatan Khalid Bin Walid sebagai panglima perang. Aku sungguh telah mengamatkan  kepadanya untuk menyimpan harta ini agar diserahkan kepada orang-orang yang papa dari kaum muhajirin. Akan tetapi, Khalid justru memberikannya kepada orang yang kuat, orang terhormat, dan orang yang pandai bersilat lidah. Oleh karena itu, aku mencopotnya dan mengangkat Abu Ubaidah bin Al-Jarrah sebagai penggantinya” .

Abu amr bin Hafs bin Al-Mughirah berdiri dan berkata “ Demi Allah, aku tidak memaafkan anda , wahai umar. Anda telah mencopot Khalid bin Walid sebagai panglima perang yang pernah diangkat oleh Rasulullah saw, anda telah memasukkan pedang yang terhunus kedalam sarungnya, anda telah memutuskan tali silaturahim, dan anda telah membenci seorang putra paman.

Mendengar hal tersebut umar lalu menjawab “ Anda termasuk kerabat dekat Khalid, anda juga masih muda, apakah anda marah atas pencopotan putra pamanmu itu? 1

Itulah sifat Umar bin Khattab yang merupakan buah dari ketauhidan dan kepercayaannya kepada Allah serta kesiapannya untuk berjumpa dengan Rabb-Nya.

Para ulama banyak membicarakan tentang sifat-sifat umar ini secara detail diantaranya, kekokohan , keberanian,ketegasan, berpengalaman, berwawasan luas, berwibawa, berfirasat tajam, cerdas, dermawan, teladan yang baik, penyanyang, bertekad bulat,takwa dan wira’i.

Selain itu dalam kepemimpinannya Umar dikenal sebagai pemimpin yang mau mendengar kritik, mampu memotivasi public, memberikan lapangan kerja berkoordinasi dalam mengambil keputusan dengan jalan musyrawarah, mampu melakukan perubahan, menghadapi situasi yang sangat genting, dan melakukan pengawasan ketat kepada para bawahan dan gubernurnya.

————————————-

1 : Mahdh Ash-Shawab 2/602

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.