Subhanallah, Umar Menyebarkan KeIslamannya Kepada Para Tokoh Quraisy.

Subhanallah, Umar Menyebarkan KeIslamannya Kepada Para Tokoh Quraisy.

Pintuledeng.com – Akhirnya, Umar Pun Memeluk Islam !!!- Tidak lama setelah Umar masuk Islam, Ia ingin dikenal sebagai orang Islam dan ia berjanji akan menyuarakan Islam dengan sungguh-sungguh. Untuk merealisasikan hal tersebut, maka Umar pun menyebarkan keIslamannya kepada para tokoh Quraisy termasuk salah satu pamannya beliau yang juga menjadi paman Rasulullah saw yaitu Abu Jahal.

Setelah sampai dirumah Abu Jahal, Umar pun mengatakan kepada pamannya tersebut dengan berkata, “Apakah anda sudah tahu kalau aku telah murtad (telah masuk Islam)?” Lalu Abu Jahal balik bertanya, “Apakah Anda serius telah murtad?” Umar menjawab, “Ya, serius”. Maka Abu Jahal pun marah dan menutup pintunya serta meninggalkan Umar. Hal yang sama ia lakukan kepada para tokoh Quraisy, disaat yang sama pula para tokoh tersebut pun marah dan meninggalkan Umar.

Tidak puas dengan meyebarkan informasi keIslamannya kepada para tokoh Quraisy, maka Umar bertanya kepada orang-orang Quraisy, “Siapa diantara penduduk Makkah yang dapat menyebarkan informasi tentang keIslamanku?” Jamil bin Ma’mar adalah orang yang begitu antusias menyampaikan informasi tersebut. Lalu disampaikannya kepada orang-orang Quraisy pada waktu itu dengan berteriak dengan suara lantang, “Wahai orang-orang Quraisy. Ketahuilah, bahwasanya Umar bin Al Khatab telah murtad !” Umar berujar, “Jamil telah berdusta. Yang benar, aku telah masuk Islam. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.”

Tidak lama setelah Umar memberikan info tentang siapa Umar saat itu, maka orang-orang Quraisy menyerang Umar termasuk Utbah bin Rabiah tokoh Quraisy pada waktu itu yang juga mertua Abu Sofyan.

Banyak hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa di atas, namun yang terpenting adalah apa yang sudah kita lakukan untuk menolong agama Allah dan memuliakannya ? Semoga kita termasuk menjadi bagian didalamnya. Aamiin

—————————————
Sumber :
Syarah Al Mawahib 1/320.
Ath -Thantawi, Akhbar Umar, hal.19.
Biografi Umar bin Al Khatab, karya Prof.Dr. Ali Muhammad Ash Shalabi, hal. 28-29
Ar Riyadh An-Nadhrah, hal. 319

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web