Tanda-Tanda Kebaikan Seorang Muslim

Pintu Ledeng TV Tanda-Tanda Kebaikan Seorang Muslim

Tanda-Tanda Kebaikan Seorang Muslim

Pintuledeng.com – An-Nawas bin Sam’an ra. berkata: Aku pernah bertanya kepada Nabi saw. tentang kebaikan dan dosa.” Beliau bersabda, “Kebaikan itu adalah akhlak yang baik dan dosa itu apa yang mengkhawatir jiwamu dan engkau tidak suka hal itu diketahui oleh orang-orang.” (HR Muslim, Ahmad, at-Tirmidzi dan ad-Darimi)

Wabishah bin Ma’bad ra. berkata: Aku pernah datang kepada Nabi saw. Lalu Nabi saw. bertanya, “Engkau datang bertanya tentang kebaikan?” Aku jawab, “Benar.” Beliau bersabda, “Mintalah fatwa kepada hatimu; kebaikan itu adalah apa saja yang menenteramkan jiwa dan menenangkan hati; dosa itu adalah apa saja yang meragukan jiwa dan menimbulkan kekhawatiran di dalam dada meski orang-orang memberikan fatwa kepadamu berulang-ulang(Imam an-Nawawi berkata: [Hadis ini] diriwayatkan dalam Musnad dua imam, Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam ad-Darimi, dengan sanad hasan).

Menurut Ibn Rajab dalam Jami’ al-‘Ulum wa al-Hikam, hadis Wabishah tersebut dha’if, karena sanad-nya munqathi’ (terputus). Zubair Abu Abd as-Salam tidak mendengarnya dari Ayyub bin Abdullah bin Mikraz, sebagaimana dinyatakan oleh salah satu riwayat Imam Ahmad. Zubair sendiri dinilai dha’if, di antaranya oleh ad-Daruquthni dan Ibn Hibban.

Namun, ada riwayat lain dengan sanad yang baik Abdullah bin al-‘Ala, dari Muslim bin Misykam, dari Abu Tsa’labah al-Kusyani yang berkata, “Ya Rasulullah, beritahu aku apa yang halal dan apa yang haram bagi diriku.”Nabi saw. bersabda:

Kebaikan itu adalah apa saja yang menenangkan jiwa dan menenteramkan hati. Dosa itu apa saja yang tidak menenangkan jiwa dan tidak menenteramkan hati meskipun para mufti memfatwakannya kepadamu (HR Ahmad dan ath-Thabarani).

Al-Birr (kebaikan) adalah ism[un] jâmi’, yakni sebutan integral yang mencakup semua jenis kebaikan dan ketaatan (QS al-Baqarah [2]: 177). Al-Birr itu ada yang berupa hubungan hamba dengan Rabb-nya dan ada yang berupa hubungan sesama hamba. Al-Birr antara hamba dengan Allah SWT adalah iman, menunaikan berbagai perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply