Umar Melarang Istrinya Untuk Menimbang Kasturi

Pintu Ledeng TV - Umar Melarang Istrinya Untuk Menimbang Kasturi

Umar Melarang Istrinya Untuk Menimbang Kasturi

Pintu Ledeng TV – Suatu ketika Umar menerima kasturi dari Bahrain, kemudian ia berkata, “Apakah ada diantara kalian yang mau menimbangnya dan membagikannya kepada orang islam?”

Istrinya yang bernama Atikah berkata, “Saya bersedia.”
Mendengar kata-kata istrinya Umar hanya terdiam. Beberapa saat kemudian dia berkata lagi tentang perlunya kasturi itu ditimbang. Sekali lagi istrinya mengemukakan kesediannya untuk menimbang. Umar pun berdiam diri. Ketiga kalinya istrinya meminta untuk menimbang kasturi tadi, Umar pun berkata, “Aku tidak suka kamu meletakkan kasturi itu dengan tanganmu di atas timbangan lalu kamu menyapu-nyapukan tanganmu yang berbau kasturi itu kebadanmu, karena dengan demikian berarti aku akan mndapat lebih dari hakku yang halal.”

Ini adalah sikap kehati-hatian yang sempurna dan upaya untuk menghindarkan diri agar tidak dijadikan sebagai tempat tuduhan. Padahal siapapun yang menimbangnya sudah tentu tangannya akan terkena minyak kasturi itu. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa hal itu boleh dilakukan oleh siapa saja, tetapi walaupun begitu Umar tidak suka hal ini dilakukan oleh istrinya.

Umar bin Abdul Aziz yang disebut sebagai Umar kedua pada masa pemerintahannya pernah melewati orang yang sedang menibang kasturi, maka dia menutup hidungnya dan berkata, “Manfaat kasturi terletak pada keharumannya. Aku tidak mau menciumnya, karena ia bukan milikku.”

Inilah sikap kehati-hatian yang dimiliki oleh para sahabat dan tabi’in serta orang-orang tua kita terdahulu yang shahih. [Al-Kandahlawi, Fadha-il A’mal, hlm. 475-476]

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply