Zuhud dan Wara’nya Imam An-Nawawi

Pintu Ledeng TV - Zuhud dan Wara'nya Imam An-Nawawi

Zuhud dan Wara’nya Imam An-Nawawi

Pintu Ledeng TV – Imam An-Nawawi tidaklah orang yang tergiru dengan dunia beserta perhiasannya. Ia mengambil bagian dunia seperti seorang pengendara onta yang mengendarai onta yang membawa bekal dalam sebuah perjalanan. Ini adalah sesuai suri tauladan dari Rasulullah saw yang bersabda, “Antara aku dan dunia adalah seperti seorang pengendara yang beristirahat dibawah sebuah pohon yang teduh kemudian pergi meninggalkannya.” [At Tirmidzi, 4/588, Ibnu Majah no. 1376, Ahmad, 1/391 dan 441 dari Ibnu Mas’ud]

Imam An-Nawawi rela dengan makanan dan pakaian yang sedikit. Ia biasanya memakan roti Al-Ka’k dan Buah Zaitun  Hauran yang dikirim ayahnya. Ini disebabkan ia tidak punya banyak waktu untuk memasak atau makan. Itulah makanan yang biasa ia makan. 

Ia rela memakai pakaian yang ditambal dan menempati asrama yang dipersediakan untuk para siswa. Kamarnya dipenuhi dengan kita-kitab.

Apabila ada tamu yang datang mengunjunginya, maka ia menumpuk kitab-kitab tersebut agar dapat ditempati para tamu yang datang. Sebagaimana yang diriwayatkan darinya, ia tidak memasuki kamar mandi umum dimana didalamnya terdapat pemanas air, tidak memakan buah-buahan karena menjalani wara’i.

Ia tidak punya waktu untuk menikah dengan wanita cantik atau memiliki budak perempuan. Seluruh hidupnya ia gunakan untuk nasihat, mendalami ilmu, mengajar, mengarang, ibadah, zuhud, lebih-lebih zuhud dari nafsu, yang merupakan zuhud yang paling berat.

Imam An-Nawawi telah menempatkan dirinya pada posisi yang berbahaya ketika ia menasihati pemerintah pada waktu itu. Dalam suratnya kepada Ibnu An-najar, ia mengatakan , “Alhamdulillah, aku termasuk orang yang suka meninggal dalam keadaan taat kepada Allah.”

Al-Yunini mengatakan, “Perkara yang menyebabkan ia berada di barisan terdepan dari para ulama adalah banyaknya zuhud, taat agama dan wara’i nya terhadap dunia. [Syaikh Ahmad Farid, Min A’lam As-Salaf hal.764-765]

Comments

comments

Disc Iklan Ramadhan for Web

Leave a Reply